Pembelajaran daring selama pandemi covid 19

Hai sahabat,

Dimasa sulit seperti sekarang, akibat pandemi ini pasti membuat semua orang kesulitan dalam hal apapun bukan? Salah satu yang terkena dampak kita sebagai pelajar bukan? Pembelajaran yang biasanya bertatap muka sekarang harus bertatap kamera. Interaksinya pun seakan tak leluasa karena banyak hal. Seperti efek jaringan, kouta yang terbatas, dan mungkin malu untuk bertanya. Media belajar setiap sekolah pun berbeda. ada yang memakai Teams, Zoom, Classroom dll.

Saat ini daring menjadi jalan pintas untuk tetap melakukan pembelajaran jarak jauh. Menurut pengalaman pribadi saya yang sekarang masih menduduki bangku sekolah SMA selama adanya daring ini. membuat waktu kita dalam pembelajaran lebih flesksibel dan singkat dibanding saat sekolah biasa sebelum ada pandemi. dan energi yang kita keluarkan pun lebih sedikit karena tidak perlu lagi berangkat ke sekolah tiap harinya. Tapi, sudah beberapa bulan kita WFH dan itu seperti menjadi tekanan tersendiri apa lagi di tambah tugas yang menumpuk. Otak seakan butuh liburan tapi rumah tempat paling aman dari pada keluar yang belum tentu .

Menurut pandangan saya, kelebihan dari adanya daring bagi siswa/i ini yaitu ;
  1. Gampang saat mengirim tugas
  2. Belajar dari rumah membuat nyaman
  3. Membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, seperti presentasi yang dilakukan siswa dan pencarian materi tambahan
  4. semakin mengenali teman antar kelas saat diadakannya presentase daring
Sedangkan kekurangan dari adanya daring ini  yaitu: 
  1. Sinyal yang kadang tidak stabil
  2. Kouta internet yang terbatas
  3. Untuk anak yang malas belajar, daring menjadi kesempatan untuk bermalas-malasan
  4. Buat anak yang susah mengerti mengenai materi, saat bertanya menjadi ragu karena takut peserta rapat yang lain kesal karena menambah waktu.
  5. Malu saat ingin berinteraksi lebih dengan guru dalam rapat, karena di liat oleh anak sejurusan.
  6. handphone yang masih belum update yang kekurangan ram 
  7. bahkan masih banyak siswa yang meminjam handpone hanya untuk akses absen
  8.  terkadang aplikasi pembelajaran yang tiba-tiba eror, mengakibatkan telat absensi
nah sahabat, dari daftar diatas masih banyak lainnya karena plus minus setiap orang berbeda disisi lain pemerintah pun membantu meringankan kita sebagai pelajar yang terdampak dengan membagikan kuota internet persiswa/i 10GB dalam sebulan yang bisa didapatkan jika nomer kita didaftarkan melalui lembaga sekolah . Tapi kangen sekolah juga yah sahabat, karena udah berbulan-bulan kita bercengkrama via suara aja hehehe.. 
mari kita berdo'a bersama-sama perihal pademi covid19 ini agar lekas pulih kembali perekonomian ,pembelajara atau bahkan mudahnya akses kemana aja tanpa hasil sweb test yang menunjukan negatifnya penyakit ini .
semoga kalian tetap sehat waalfiat yah sahabat. saya akhiri, sahabat. :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOBI ATAU KEGEMARAN